Dukung MPLS, Babinsa Kodim Bojonegoro bentuk Karakter Pelajar Berprofil Pancasila


HARIANMERDEKA.ID, BOJONEGORO - Ratusan Bintara Pembina Desa atau Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro Jawa Timur, diturunkan secara tersebar diwilayah binaan menjadi instruktur pada pelatihan baris-berbaris dalam rangka mendukung terlaksananya kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) tahun ajaran 2024/2025 yang berlangsung dari tanggal 15 hingga 17 Juli 2024.

Anggota Babinsa Kodim 0813 Bojonegoro ini bersinergi dan bekerjasama dengan puluhan lembaga pendidikan baik ditingkat SMP/MTs/SMA/SMK/MA sederajat yang tersebar diseluruh kecamatan se- Kabupaten Bojonegoro untuk memberikan pelatihan kedisiplinan, wawasan kebangsaan dan bela negara kepada ribuan pelajar diwilayah binaan.

Dandim 0813 Bojonegoro Letkol Czi Arief Rochman Hakim, SE., MM., melalui Pasiops Kapten Inf Marwoko Suswandono, Selasa (16/7/2024), menyampaikan bahwa pelatihan dasar Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan pembekalan materi Wawasan Kebangsaan (Wasbang) diberikan dengan tujuan agar generasi muda khususnya pelajar tersebut memiliki rasa cinta terhadap sekolah, lingkungan dan lebih luasnya mempunyai rasa cinta terhadap tanah air.

Sekolah, menurut Pasiops Kodim 0813 Bojonegoro, merupakan tempat kegiatan belajar mengajar yang bertujuan untuk mendidik, menempa, mengasah serta mengembangkan potensi para peserta didik baik ilmu pengetahuan, ketrampilan maupun untuk membangun karakter dan kepribadian. 

Sementara, lebih lanjut disampaikan bahwa pelibatan anggota TNI dalam hal ini Babinsa Kodim 0813 pada kegiatan MPLS Tahun Ajaran 2024/2025 tersebut merupakan wujud kepedulian TNI dalam dunia pendidikan sebagai bentuk peran aktif untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dengan membantu adik-adik pelajar baru untuk beradaptasi dengan lingkungan sekolah, memotivasi semangat belajar, kemandirian, saling menghormati dan menghargai antara pelajar dan guru.

Materi yang diberikan oleh Babinsa pada kegiatan MPLS ini diantaranya adalah pelatihan dasar PBB dalam rangka pembentukan karakter. Pembentukan karakter sangat penting, karena saat ini tidak sedikit ditemukan siswa-siswi yang berperilaku indispliner sehingga melalui pelatihan dasar PBB dan pendidikan bela negara ini sangat penting diterapkan sejak dini dalam rangka mencetak generasi muda penerus yang lebih tangguh, berkarakter, handal dan berkualitas.

"Tidak hanya itu, dalam kegiatan MPLS tersebut anggota Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro juga sosialiasi anti bullying dalam rangka pencegahan tindakan perundungan dan kenakalan remaja dikalangan pelajar, sehingga siswa-siswi ini bisa belajar dengan aman dan nyaman dilingkungan sekolah," ungkap Kapten Inf Marwoko Suswandono.

Waka Kesiswaan SMA Negeri 2 Bojonegoro, Septiyaningsih Dariyanti, mengucapkan banyak terima kasih kepada Babinsa jajaran Kodim 0813 Bojonegoro yang telah memberikan pembekalan materi Wasbang dan bela negara melalui pelatihan dasar PBB tersebut dalam rangka membangun karakter kepribadian yang unggul, memupuk kekompakan, serta kedisiplinan para siswa.

"Sehingga anak-anak akan lebih bersemangat lagi dalam proses belajar, serta dapat terciptanya karakter pelajar berprofil Pancasila. Dan semoga kerjasama yang sudah terbina dengan baik ini akan terus berlanjut kedepannya," harapnya.(Triss)



0 Komentar

close